Harbolnas 2023 Optimistis Capai Transaksi Rp25 Triliun

Di tengah kian digandrunginya aktivitas belanja online, Hari Belanja Online Nasional atau yang dikenal dengan sebutan Harbolnas kembali digelar. Kali ini, Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) memperoleh dukungan dari Kementerian Perdagangan RI, BCA, dan Lazada Indonesia sebagai mitra resmi belanja online.

Dukungan dari lintas sektor ini menunjukkan kepercayaan dan harapan besar bahwa ekonomi digital Indonesia bisa mencatatkan pertumbuhan yang besar pada akhir 2023. Transaksi selama penyelenggaraan Harbolnas 2023 diyakini akan mencatatkan nilai sekitar Rp25 triliun.

Ketua Umum IdEA Bima Laga mengatakan bahwa semua pihak sudah bekerja keras menyiapkan strategi dan program yang akan membawa hasil signifikan. “Dukungan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memperlihatkan komitmen yang luar biasa pada perkembangan industri digital, khususnya sektor perdagangan. Salah satunya  komitmen pada penerapan Permendag No. 31 yang jelas menegaskan pentingnya kegiatan ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Bima di Tangerang (09/11/2023).

Apalagi, lanjut Bima, sektor perbankan peduli  yang ditunjukkan dengan bergabungnya BCA dalam mendorong peningkatan daya beli agar konsumen bisa membeli semua kebutuhannya secara lebih efisien selama gelaran Harbolnas. Pun dengan Lazada yang jelas akan membantu pelaku usaha menggapai para konsumennya secara lebih luas sehingga akan mencatatkan transaksi yang menghasilkan cuan.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim juga menegaskan dukungan Kementerian Perdagangan dalam mendorong kejayaan produk lokal terutama dalam peningkatan akses pasar baik di offline maupun online. “Pertumbuhan produk lokal berkualitas saat ini sudah sangat membanggakan. Mereka layak mendapat perhatian konsumen dengan membeli dan menggunakannya,” katanya.

“Tahun ini, sebagai bagian dari rangkaian Harbolnas 2023, kami juga menggelar kegiatan mall to mall untuk semakin mendekatkan dan mempromosikan berbagai produk lokal ungguln. Masyarakat jangan lupa untuk belanja dengan memanfaatkan promo produk lokal selama Harbolnas yang mencapai 90%,” jelas Isya.

Baca Juga  Contoh Analisis Ekonomi Usaha untuk Strategi Bisnis

Selaras dengan Kementerian Perdagangan, dukungan terhadap penyelenggaraan Harbolnas 2023 juga datang dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). “Gaung produk lokal harus semakin kuat, karena memang sudah sangat banyak produk dalam negeri yang kualitasnya sangat mumpuni. Kegiatan seperti Harbolnas ini sangat bermanfaat dalam mendorong peningkatan transaksi sehingga ekonomi lokal bisa tumbuh,” ujar Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Liz Zeny.

Perkembangan industri UMKM Indonesia yang tumbuh positif menumbuhkan keyakinan capaian transaksi Harbolnas 2023 yang cukup signifikan. Dengan jumlah peserta melebihi 500 pelaku usaha, idEA sebagai penyelenggara Harbolnas memperkirakan adanya kenaikan transaksi dibanding tahun lalu.

“Jika tahun lalu produk lokal mencatatkan kurang dari 50% dari total transaksi, dengan jumlah peserta saat ini, kami yakin capaiannya bisa lebih tinggi lagi. Kami optimis produk lokal akan mencatatkan transaksi setidaknya 70% dari total transaksi,” ujar Bima.

Sementara untuk total transaksi, Bima menegaskan optimismenya bisa mencapai angka Rp25 triliun. “Dengan dukungan pemerintah, BCA, Lazada, angka tersebut saya yakin akan bisa dicapai. Harapannya konsumen untuk maksimal memanfaatkan semua program promo dalam gelaran pesta diskon ini,” dia menyarankan.

Sebagai mitra resmi belanja online di Harbolnas 2023, Lazada juga menghadirkan banyak promosi khusus untuk mendorong terjadinya transaksi, khususnya pada produk lokal. Pemberdayaan pelaku bisnis lokal memang selalu menjadi komitmen Lazada sejak lama.

“Sejak awal kami memang berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan pelaku usaha lokal di Indonesia melalui ekosistem e-commerce yang menyeluruh. Dukungan Lazada pada Harbolnas tahun ini pun sejalan dengan komitmen pemberdayaan usaha lokal, yang kami yakin memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan dan menguasai pasar Indonesia,” kata Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Intan Ayu Kartika.

Baca Juga  IPO 9 Perusahaan di Bursa Menjaring Dana Rp 1,54 Triliun

Berbagai promosi akan diberikan  khusus saat gelaran Harbolnas di platform Lazada, termasuk untuk gratis ongkos kirim, dan berharap momentum Harbolnas bisa menjadi ajang bagi para pelaku bisnis lokal untuk meningkatkan penjualan dan terus menggerakkan perekonomian digital Indonesia.

Sementara BCA juga menyediakan promo cashback menarik. “Kami senang dapat menjadi bagian dalam kegiatan Harbolnas ini,” kata Senior Vice President BCA Dody Santosa Iswan. Sebagai bank partner dalam Harbolnas 2023,  BCA berkomitmen menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi bagi seluruh nasabah BCA. “BCA berikan cashback 30% untuk kegiatan Harbolnas Mall to Mall dengan pembayaran menggunakan QRIS di myBCA pada 7 – 10 Desember 2023 di Harbolnas 2023, Summarecon Mall Serpong. Dan masih banyak promo lainnya,” ungkap Dody.

Harbolnas 2023 akan berlangsung selama tiga hari yakni 10 dan 11 Desember khusus untuk promo produk lokal. Sementara pada 12 Desember, promo akan berlaku untuk semua produk. Ada banyak peserta atau merchant yang mengikuti program ini. Untuk bisa melihat beberapa merchant unggulan dalam program ini, konsumen bisa mengunjungi Website resmi Harbolnas dan memilih brand yang diincarnya.

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *