ITDC dan Asosiasi UMKM Mandalika Gelar Community Collaboration

Program Community Collaboration dari ITDC di Mandalika. (dok. ITDC)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) berkolaborasi dengan Asosiasi UMKM Mandalika menggelar program Community Collaboration di Bazaar Mandalika, kawasan The Mandalika,(24/02/2024). Program ini menjadi wadah untuk menggali, menguatkan, serta mengasah keterampilan dan kreativitas masyarakat atau pelaku UMKM lokal yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Mandalika.

Salah satu kegiatannya adalah cooking class dengan tema how to bake pastry, yang dipandu oleh Chef Khaeruddin Umar. Acara ini memberikan pelatihan praktis dalam membuat pastry kepada para pelaku UMKM dan pengunjung Bazaar Mandalika. Dalam kegiatan ini, tercatat 45 peserta hadir untuk mempelajari teknik-teknik membuat pastry.

PGS. General Manager The Mandalika Wahyu M. Nugroho menyatakan, program tersebut bertujuan sebagai pemicu crowd puller di Bazaar Mandalika. Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM lokal setempat. Dengan demikian, program ini tidak hanya sekadar kegiatan sharing, tetapi juga sebagai sebuah upaya nyata untuk menggerakkan dan memajukan sektor ekonomi UMKM lokal di kawasan The Mandalika.

Kerja sama dan antusiasme dari pelaku UMKM lokal, diharapkan dapat meningkatkan pengembangan diri dan memberikan dampak positif bagi Asosiasi UMKM Mandalika secara keseluruhan dan berkelanjutan. Kesempatan untuk bertukar pengalaman, strategi pemasaran, dan bahkan menjajal inovasi dalam pengembangan produk, bermanfaat untuk memperkuat Asosiasi UMKM lokal, mendorong sinergi antar-pelaku usaha, serta merajut kerja sama yang berkelanjutan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Ketua Asosiasi UMKM Mandalika Sri Sofiati menyatakan, “Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan terus berinovasi dalam pengembangan produk. Kami akan terus berpartisipasi aktif dalam upaya pengembangan ekonomi lokal, serta membangun sinergi yang kuat dengan berbagai pihak untuk mencapai kemajuan bagi Asosiasi UMKM Mandalika.”

Baca Juga  Alemanno video viral link

ITDC membuka kesempatan bagi semua pihak yang tertarik untuk ikut serta dalam program community collaboration, sehingga program ini dapat terus berlangsung secara berkelanjutan, dan memberikan manfaat positif bagi pengembangan The Mandalika.

Sebagai tambahan, ITDC yang memiliki lini bisnis sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 50 tahun telah mengembangkan dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 hektar yang berlokasi di Bali bagian selatan. Kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.

Pada 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar US$1,3 miliar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Pertamina Mandalika International Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai tahun 2021.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *