Koperasi Multipihak Tumbuh Bersama Pembudidaya Berbasis Teknologi Blockchain

CEO dan Co-founder eFishery Gibran Huzaifah memaparkan konsep Koperasi Multipihak Tumbuh Bersama Pembudidaya. (dok eFishery)

Dalam perayaan 10 tahun eFishery di Bandung, perusahaan startup akuakultur eFishery meluncurkan koperasi digital berbasis teknologi Blockchain. Koperasi yang dinamakan Koperasi Multipihak Tumbuh Bersama Pembudidaya ini diklaim sebagai koperasi pertama di sektor perikanan.

Koperasi Multi Pihak Tumbuh Bersama Pembudidaya mengadopsi teknologi dan terintegrasi dengan ekosistem digital eFishery. Ini bertujuan untuk mempermudah proses hilirisasi pembudidaya yang telah tergabung menjadi anggota koperasi. 

CEO dan Co-founder eFishery Gibran Huzaifah menjelaskan, pada praktiknya nanti, berbagai aktivitas koperasi akan dapat diakses langsung oleh para anggota melalui ponsel pintar. Para anggota koperasi berpotensi untuk bisa meningkatkan skala industri serta mengeksplorasi pasar yang lebih luas dengan mudah.

Gibran menambahkan bahwa koperasi tersebut akan menghubungkan ekosistem yang ada di eFishery. Ekosistem yang dimaksud adalah pembudidaya, pembeli, penyedia pakan ikan, dan supplier. “Nanti transaksinya bisa diwujudkan di sini,” kata Gibran dalam penjelasannya di depan awak media (11/10/2023).

Yang berbeda dari koperasi ini adalah dibentuk berbasis digital dengan menggunakan teknologi blockchain. Di mana data keseluruhan transaksi terhubung, sehingga para pemain koperasi di dalamnya bisa semakin sejahtera karena memiliki insentif yang lebih banyak. 

“Jadi kolaborasi adalah yang menjadi semangat koperasi ini. Nanti dari data blockchain yang kita bangun akan terhubung langsung dengan global buyer, ini kami bungkus dalam satu bentuk dan tentu saja semuanya berbasis teknologi,” ujar Gibran. 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi peluncuran koperasi yang dibuat oleh eFishery tersebut. Menurut Menkop, dengan aplikasi digital maka menjadi lebih mudah baik untuk hilirisasi produk maupun menghubungkan produk dan juga pembiayaan. “Ini transformasi digital yg menurut saya indonesia harus lebih banyak melakukan transformasi digital di sektor produksi,” ujarnya.

Baca Juga  Ekosistem 5G Mampu Tingkatkan Efektivitas Penerapan Industri 4.0

Teten melanjutkan, dari suatu kegiatan ekonomi produksi yang melibatkan banyak pihak itu memang paling cocok dengan koperasi multipihak. Artinya, pemanfaat sirkuler ekonomi untuk memperbesar seluruh pihak yang terlibat di dalamnya menjadi lebih optimal. 

“Jadi ini sangat bagus. Saya kira akan lebih memperkuat ekosistem bisnis eFishery dan oleh karena itu, kami juga mendorong dan mensupport ekosistem ini karena ini melibatkan para peternak-peternak kecil dan ini menyebar di berbagai digital,” ungkap Teten.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *