Le Minerale Serahkan Tambahan Mobil Penjemputan Plastik & Galon PET ke POPI

Le Minerale  menyerahkan 5 mobil tambahan ke PT Prevented  Ocean Plastic lndonesia (POPI) untuk meningkatkan collection rate, pengumpulan dan  pengangkutan botol dan galon PET. Rencananya mobil ini akan melayani lebih dari 200  pengepul yang merangkul lebih dari 2.000 pemulung di 5 kota 4 provinsi, antara lain DKI  Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jangkauan mobil tersebut  menghubungkan 15 titik pengumpulan POPI yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi.

Dukungan terhadap peningkatan recycle rate ini merupakan komitmen Le Minerale yang konsisten dalam tiga tahun ini menjalankan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN).  GESN Le Minerale bersinergi bersama para partner untuk meningkatan collection & recycling  rate plastik paska konsumsi PET Indonesia. Dengan kolaborasi bersama 20 mitra  formal/informal di Jabodetabek  dan Jawa Timur, GESN telah mengumpulkan PET baik botol  maupun galon sebanyak lebih dari 25.000 ton.

Untuk mencapai hasil yang lebih integrated dan  maksimal, GESN pun terus ditingkatkan dengan membangun pabrik daur ulang plastik PET  resin, berbasis food grade teknologi & berkapasitas 13.000 ton/tahun.

“Apresiasi kami sampaikan atas dukungan kepada  GESN Le Minerale. Hari ini disahkannya kemitraan baru ke-21 bersama POPI &  Polindo Group. Ini menjadi milestone  baru untuk memperluas kerja sama dengan jangkauan di 15 titik collection center skala nasional,” kata Ronald Atmadja, Direktur  Sustainability Le Minerale menyampaikan apresiasinya dari Polindo  Group dan POPI.

Ronald juga menyampaikan bahwa peran POPI dan Polindo Group dalam industri daur ulang  sangat sinergis, mulai dari mengumpulkan hingga industry value added processing, yaitu  mengubah botol/ galon menjadi flake hingga melakukan direct selling kepada pengguna bahan  daur ulang.  Usaha yang terintegrasi ini sangat penting untuk memastikan permintaan akan  collection PET dalam negeri bisa stabil dan bahkan meningkat.

Baca Juga  Ninja Xpress dan BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Keselamatan Mitra Pengemudi

“Guna mendukung pergerakan  daur ulang close & open loop recycling, GESN Le Minerale menyerahkan tambahan armada  berupa 5 mobil pickup L300 yang diharapkan dapat meningkatkan collection plastik PET  sebesar 350 ton/tahun kepada 200 mitra POPI. Tambahan 5 mobil ini akan diprioritaskan untuk  mengambil galon PET Le Minerale yang memiliki nilai daur ulang tinggi,” jelas Ronald.

Atas dukungan yang diberikan Le Minerale tersebut, Daniel Lawrence Angelo Law, Direktur  Utama PT POPI mengatakan, dkungan tersebut menjadi solusi bagi  POPI untuk mempermudah proses pengelolaan serta mewujudkan pembangunan 15 titik  collection centre nasional. “Saya mewakili POPI berterima kasih atas dukungan Le Minerale  yang telah menyediakan kendaraan penjemput sampah plastik PET. Ini merupakan salah satu  aksi konkrit dalam upaya mempermudah proses pengelolaan daur ulang. Dalam prosesnya,  kendaraan tersebut akan dioperasikan di 5 kota 4 provinsi antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat,  Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari 5 kota tersebut, terdapat lebih dari 200 pengepul yang  merangkul sebanyak 2.000 lebih pemulung dan pekerja di bawahnya.” ucap Daniel.

Pada kesempatan yang sama, Daniel juga mengungkapkan galon sekali pakai bukanlah  masalah di lapangan, justru menjadi berkah bagi teman-teman pengumpul dan bagi recycler.   “Membantu pemulung karena biasanya pemulung harus mengumpulkan 33 botol untuk  dapatkan 1kg PET. Sekarang teman-teman pemulung hanya cukup mengumpulkan 4 botol  saja sudah dapat 1kg PET.” tambahnya.

Selain meringankan pemulung dan recycler, ternyata galon sekali pakai Le Minerale juga  memiliki keunggulan dari sisi berat yang lebih tinggi dibandingkan material plastik PET pada  umumnya, sehingga mampu menaikkan volume produksi karena jumlah cacahan lebih banyak.  Galon Le Minerale juga relatif lebih mudah untuk dibersihkan dan sedikit kontaminan.

Baca Juga  East Ventures dan SV Investment Kucurkan Dana US$100 Juta di Asia Tenggara

“Lebih efisien saat proses produksi karena lebih berat, maka waktu produksi menjadi lebih  pendek dengan hasil prosuksi yang sama dibandingkan dengan menggunakan material dari  botol minum air mineral, minuman berkarbonasi dan minuman berasa. Galon lebih tebal  sehingga bisa menambah density PET dan hasilnya pun lebih kuat,” tutur Daniel.

Saat ini POPI menjadi pusat pengelolaan daur ulang botol plastik PET (Polyethylene  Terephthalate). Dengan infrastruktur mesin cacah plastik PET yang mumpuni, sehingga  proses daur ulang galon Le Minerale menjadi lebih mudah dilakukan.  Daniel dan Ronald berharap sinergi ini dapat terus berlangsung dengan baik dan efektif. 

“Besar harapan kami untuk bersama menjalani kerja sama yang effektif, traceable, transparan,  & komunikatif. Dengan demikian, segala usaha ini dapat memantapkan peran GESN Le  Minerale sebagai katalisator daur ulang Indonesia, dan sekaligus menjadi jawaban bagi  konsumen Le Minerale agar semakin yakin bahwa botol dan galon PET Le Minerale adalah  aset daur ulang yang sangat berharga,” kata Ronald.

Swa.co.id


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *