Ninja Xpress Memfasilitasi UKM Kuasai Pasar Lokal Hingga Global

Pada awal September lalu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) mendorong penguatan kerja sama pelaku UMKM di Kawasan Asia Tenggara untuk bisa menjadi pemain global melalui ASEAN Business Awards.

Usaha Kecil Menangah (UKM) disebut menjadi fondasi ekonomi negara-negara di ASEAN, termasuk Indonesia. Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah  RI Teten Masduki, negara-negara ASEAN, termasuk  negara kita , sangat kaya dengan produk berbasis kuliner, fashion, dan kerajinan yang bersumber dari kekayaan budaya. Oleh karena itu, saat ini tantangannya adalah bagaimana UKM Indonesia tetap tumbuh dan berkompetisi secara lokal dan global.

Melalui komitmen  ‘Siap Bantu Sampai Tujuan’, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi Ninja Xpress berinovasi untuk mendukung pertumbuhan UKM di  Indonesia. Untuk itu, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi ini menghadirkan beberapa  inisiatif yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada UKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka secara konsisten. Dengan adanya creative hub yang lebih besar, yang selanjutnya disebut  Ninja Studio, komunitas UKM memiliki tempat yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan bisnis dengan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress mengatakan, pihaknya  berinisiatif untuk mendukung pertumbuhan ekosistem UKM di Indonesia. Tidak hanya memfasilitasi UKM dengan berbagai program pembelajaran baik online maupun melalui blog, hadirnya Ninja Studio juga dapat dijadikan sarana bagi UKM dan komunitasnya untuk mengadakan berbagai kegiatan. Dengan begitu, memberikan peluang bagi UKM untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, hingga memperluas jaringan bisnis mereka. Lalu apabila UKM sudah beroperasi dengan lancar,  ada juga dukungan ekspor barang ke Malaysia dengan diresmikannya kerja sama baru dengan Mallindo.com.

Selain menggunakan tempat untuk kegiatan, komunitas UKM juga dapat menggunakan layanan foto dan video produk secara gratis di Ninja Studio. Program-program pembelajaran yang dilakukan didesain untuk membantu UKM menguasai pasar lokal hingga internasional, sehingga UKM dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Baca Juga  Memaksimalkan Bank Danamon Yang Terbaik Dalam Kelasnya

Per bulan Agustus 2023, sudah ada lebih dari 20 kegiatan komunitas berlangsung di Ninja Studio di Pejaten, Jakarta Selatan yang juga dihadiri oleh lebih dari 300 UKM. UKM yang mengikuti program pembelajaran di Ninja Studio bisa mendapatkan akses pengetahuan dan keahlian dari para ahli di berbagai bidang bisnis, untuk kemudian diterapkan pada bisnis mereka. Adapun program pembelajaran yang bisa didapatkan terdiri dari Tiktok Bisnis Dynamite dari Sekolah Pebisnis dan Customer Experience Discussion dari Pancake Indonesia.

Yosef Abas, Pendiri Sekolah Pebisnis, salah satu komunitas yang rutin mengadakan kegiatan di Ninja studio, menyampaikan, dengan berbagai program pembelajaran yang bisa diikuti di Ninja Studio, diharapkan UKM tidak hanya akan mampu menguasai pasar lokal, tetapi juga mampu bersaing di pasar internasional. Melalui pelatihan yang komprehensif dan berfokus pada peningkatan keterampilan bisnis, UKM bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing secara global.

Untuk membantu UKM naik kelas dengan menjangkau pasar global, Ninja Xpress juga memiliki layanan International Deliveries untuk memudahkan UKM dalam mengekspor produknya. Melalui layanan ini, UKM bisa dengan mudah melakukan pengiriman barang keluar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia secara end to end, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas Cash-On-Delivery lintas negara.

Agar  UKM mampu menjual produknya di luar negeri,  Ninja Xpress juga memfasilitasi UKM untuk dapat menjual produk di Mallindo, platform e-commerce yang berfokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malaysia. Mallindo merupakan salah satu bagian penting dari ekosistem International Deliveries yang dikelola oleh Ninja Xpress. Dengan adanya Mallindo, UKM di Indonesia memiliki akses yang lebih luas dan mudah untuk menjangkau pasar Malaysia.

Baca Juga  PIS Sepakati Kontrak Pembangunan 15 Tanker Baru Senilai US$700 Juta

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *