Panen Sorgum Sang Hyang Seri di Atas Rerata Dunia

Anggota BUMN Klaster Pangan ID Food, PT Sang Hyang Seri berhasil mencapai panen positif dalam pembudidayaan Sorgum di Lahan Lumbung Pangan, Sukamandi, milik PT Sang Hyang Seri. Panen kali ini, mencapai 3,5 ton bulir sorgum per hektare dan 35 ton batang sorgum per hektare.

Menurut data yang ada bahwa produktivitas sorgum Indonesia mencapai 2 ton/hektare, sedangkan produksi dunia baru mencapai 2,7 ton/hektar. Keberhasilan PT Sang Hyang Seri ini dicapai lewat penerapan praktik pertanian terbaik. Juga, pemilihan varietas sorgum yang unggul dalam pengelolaan lahan pertanian.

Pencapaian ini tak lepas dari komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan, yang mencakup pelestarian lingkungan, penggunaan sumber daya yang efisien, dan peningkatan kesejahteraan petani.

Adhi Cahyono Nugroho, Direktur PT Sang Hyang Seri mengatakan, dengan hasil panen yang baik ini, pihaknya makin termotivasi untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional. Keberhasilan ini juga menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam mendukung petani dan menjaga keseimbangan lingkungan, karena SHS maju bersama petani.

Sang Hyang Seri berharap bahwa hasil panen yang positif ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga potensi sorgum di Indonesia. Batang sorgum sendiri memiliki beberapa manfaat diantaranya, pakan ternak, bio energi, hingga menjadi tanaman konservasi yg dapat meningkatkan keseburan tanah dan mengurangi erosi. Serta bulir sorgum dapat bermanfaat untuk sumber pangan manusia, pakan ternak hingga industri minuman.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Baca Juga  Digitalisasi Bantu UMKM Pariwisata Perluas Jangkauan Pasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *