Pegadaian Dorong Mahasiswa Jadi Wirausaha Sosial

PT Pegadaian (Persero) berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) mengadakan program penguatan kewirausahaan sosial pemuda The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC). Peluncuran program ini dilaksanakan di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

Mengusung tema ‘Empowering Youth Sociopreneurship for Sustainable Impact and Improving Millennial Financial Literacy’, TGSC merupakan ajang kompetisi startup sosial bagi para mahasiswa seluruh Indonesia sekaligus sebagai wadah inkubasi dalam menciptakan kebermanfaatan sosial melalui wirausaha sosial.

“Nantinya para peserta didorong untuk melihat berbagai masalah dan kebutuhan sosial sebagai peluang untuk memberdayakan dan menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” ujar Eka Pebriansyah, Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian dalam siaran persnya (11/10/2023).

Ketua Bidang Pengembangan Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Direktur Bisnis Digital Telkom Indonesia Muhammad Fajrin Rasyid menambahkan bahwa pengembangan ekonomi berbasis sociopreneur memiliki keunggulan salah satunya adalah dapat menjembatani keuntungan finansial (profit) dengan dampak sosial dan lingkungan secara langsung (social impact).

Economics of sociopreneurship mengkombinasikan nilai-nilai sosial dengan bisnis untuk menghasilkan social impact bagi masyarakat dengan prinsip secara bisnis yang berkelanjutan. Salah satu pendekatan yang digunakan yakni melihat terlebih dahulu purpose apa yang mau dibawa dalam membuat bisnis,” jelas Fajrin

Kepala Inkubator Bisnis UNS Innovation Hub Catur Sugiarto juga menyambut baik kehadiran program The Gade Sociopreneurship yang diinisiasi oleh PT Pegadaian. Kompetisi ini dinilai akan semakin mendorong para mahasiswa untuk tidak hanya cakap secara intelektual, namun memiliki kepekaan sosial dan jiwa kewirausahaan.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh PT Pegadaian. Dengan program ini, mahasiswa tentu dapat mengembangkan keterampilannya dalam berwirausaha. Sehingga kelak setelah lulus, mereka siap untuk berkontribusi secara positif dalam masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya.

Baca Juga  Inocyle Technology (INOV) Genjot Ekspor Re-PSF

Setelah peluncuran program ini, PT Pegadaian akan melakukan roadshow ke 10 titik kampus yang tersebar di berbagai wilayah untuk menjangkau banyak sociopreneur dari kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), jumlahnya mencapai 9,32 juta orang, tersebar di 3.107 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Program TGSC yang akan dibuka dari tanggal 2-11 November 2023 mendatang ini diharapkan dapat mencetak entrepreneur muda bertalenta. “Semoga TGSC yang dibangun bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan lahirnya wirausaha muda, yang tidak hanya mencari keuntungan finansial semata, tapi juga peka terhadap permasalahan sosial di lingkungan sekitarnya,” kata Rully Yusuf, Kepala Divisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pegadaian.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *