Strategi Tiktok dan Tokopedia Majukan UMKM Lokal Pascabersama 

Peluncuran Beli Lokal 12.12, projek pertama Tiktok dan Tokopedia pascabersama. (foto Ubaidillah/SWA)

Tiktok dan Tokopedia resmi berkolaborasi untuk beroperasi bersama di Indonesia. Kolaborasi ini terwujud usai Tiktok mengakuisisi 75% lebih saham Tokopedia dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. 

Dalam keterangan resminya kemarin, GoTo (induk usaha Tokopedia) mengungkapkan bahwa kesepakatan ini terwujud untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang sektor UMKM di Indonesia. CEO Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan ada beberapa strategi yang akan dilakukan mereka untuk memajukan sektor UMKM di Tanah Air. 

Melissa menjelaskan strategi pertama yang akan mereka lakukan adalah huluisasi UMKM. Dalam strategi ini, Tiktok dan Tokopedia akan melakukan pembinaan UMKM produsen seperti kain tradisional, kopi dan buah kering. 

“Kami membuat program terintegrasi. Pelatihan peningkatan produksi mulai dari dukungan teknologi, modernisasi dan operasional toko, dukungan promosi digital yakni promosi melalui livestream, video pendek, kampanye khusus di online platform, lalu dukungan kreator yamni program afiliator produk lokal,” katanya dalam peluncuran projek pertama Tiktok dan Tokopedia, Selasa (12/12/2023). 

Selanjutnya kedua perusahaan akan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) teknologi. Upaya ini akan diwujudkan melalui pembentukan pusat pengembangan teknologi untuk melakukan pengembangan talenta digital. “Kami juga akan mengemvangkan kurikulum IT di berbagai kampus di Indonesia,” ujarnya. 

Diketahui dalam akuisisi 75% saham Tokopedia, Tiktok menginvestasikan dana puluhan triliun rupiah. Dalam perjanjian keduanya disebutkan pengambil bagian saham tertanggal 10 Desember 2023 sehubungan dengan rencana investasi dari TikTok kepada Tokopedia dengan nilai investasi sebesar US$840 juta atau setara dengan Rp13,188 triliun. Nominal ini akan digunakan untuk mengambil bagian dan membayar secara penuh atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh Tokopedia (rencana investasi). 

Sebagai bagian dari rencana investasi, pada saat penyelesaian rencana investasi, Tokopedia juga akan menerima promissory note dari TikTok sebesar US$1 miliar atau setara dengan Rp15,7 triliun. “Promissory note dapat digunakan untuk kebutuhan modal kerja Tokopedia di masa mendatang,” kata Corporate Secretary Tokopedia R.A Koesoemohadiani, Senin (11/12/2023).

Baca Juga  The Stones Hotel Menyuguhkan Visual dan Atraksi Seni-Budaya

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *