YPA-MDR Konsisten Tingkatkan Mutu Pendidikan di Daerah 3T

Jajaran pengurus YPA-MDR. (Vina/SWA)

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) melanjutkan misi sebagai agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal. Di tahun 2024, yayasan yang berdiri sejak 2009 ini berencana membuka dua wilayah binaan baru yakni di daerah Sumba dan Lebak, Banten.

“Ada sekitar 28-30 sekolah yang akan kami bantu,” ujar Gunawan Salim, Ketua Pengurus YPA-MDR dalam media gathering di Jakarta (04/12/2023). Adapun sepanjang 2023 ini, YPA-MDR telah menambah 11 sekolah binaan di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur dan 15 sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

Revitalisasi salah satu sekolah binaan yaitu SDN 020 Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Diharapkan dengan adanya revitalisasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan IKN dan memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat terutama anak-anak.

“Saat ini kami masih pitching kontraktor, dan harapannya di 1 Januari sudah bisa dibangun. Kami targetkan dalam tujuh bulan selesai karena Pak Jokowi ingin meresmikan sekolah tersebut (SDN 020 Sepaku) saat 17 Agustus nanti,” kata Gunawan.

Tidak hanya sarana fisik, kontribusi YPA-MDR untuk mendukung pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dilakukan melalui pembekalan kepada guru, kepala sekolah, manajemen sekolah, dan komite sekolah untuk mencapai standar pendidikan yang berlaku sesuai dengan Kurikulum Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Hal tersebut dibuktikan melalui status sekolah binaan yang meraih Akreditasi A, Predikat Sekolah Unggul, sertifikat ISO 9001: 2015, sekolah berbasis Information and Communication Technology (ICT), sekolah berbasis riset, dan Sekolah Adiwiyata. YPA-MDR juga memperkuat dua wilayah binaan baru dengan mengirimkan 26 Guru Muda Garda Depan (GMGD) yang berperan sebagai agen perubahan untuk memajukan pendidikan di sekolah binaan.

Baca Juga  Harga sewa pickup di Bogor versi kami

Program unggulan lainnya yang dilaksanakan pada 2023 di antaranya Festival Generasi Cerdas di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao yang dimeriahkan dengan berbagai macam lomba dan festival seni budaya, serta Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) X, yaitu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyatukan visi dan misi setiap sekolah binaan yang dihadiri oleh 122 Kepala Sekolah, 9 Guru, dan 3 Pengawas Sekolah.

Pada FKSB tahun ini, YPA-MDR untuk pertama kalinya melaksanakan pengukuhan 32 Sekolah Independen, yakni acara pendeklarasian sekolah yang dianggap sudah mencapai status Sekolah Unggul sehingga mampu beroperasi secara mandiri. Untuk diketahui, YPA-MDR melaksanakan tahapan pembinaan 5 tahun. Mulai dari Dasar, Proses Swapraja, Swapraja, Proses Unggul, hingga terakhir Unggul.

“Kami sudah membuat skema, dalam 5 tahun mereka harus sudah menjadi sekolah unggul dengan akreditasi A. Setelah itu mereka akan masuk ke tahap pemandirian, kami akan lihat mereka unggul atau tidak. Jika unggul, kami bisa langsung independenkan. Jika tidak, mereka masuk tahap pembinaan lagi selama tiga tahun dan kami review setiap tahunnya. Setelah delapan tahun kami akan independenkan dengan status unggul atau non-unggul. Jadi maksimal delapan tahun akan kami lepas,” jelas Wedijanto Widarso, Sekretaris Pengurus YPA-MDR.

Ke depan, ia menyebut YPA-MDR akan terus meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal dan strategis bersama berbagai pemangku kepentingan daerah melalui sinergitas pembinaan yang terintegrasi, seperti di SDN 020 Sepaku, IKN dan wilayah lainnya yang melibatkan pemerintah daerah, dinas pendidikan, sekolah, dan komite sekolah yang bergerak bersama untuk mencapai status sekolah unggul.

Saat ini YPA-MDR telah membina 125 sekolah, terdiri dari 88 SD, 24 SMP, dan 13 SMK/ SMA yang menjangkau 2.094 guru serta 29.107 siswa di 14 Kabupaten: Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, Serang, Kupang, Rote Ndao, Kapuas, Barito Utara, Tangerang, Majalengka, Manggarai Timur, dan Penajam Paser Utara.

Baca Juga  Apindo Soroti Kompetensi Utama Tenaga Kerja

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *