7 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Dalam Blender

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu peralatan dapur yang banyak digunakan adalah blender. Alat ini dapat melembutkan atau menghancurkan bahan makanan. Namun begitu, tidak semua bahan makanan boleh dimasukkan blender.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam blender.

1. Kentang 

Banyak orang mencoba membuat kentang tumbuk dengan memasukkanya ke dalam blender. Tetapi itu dapat merusak hidangan. Makanan yang kental dan bertepung seperti kentang tidak akan keluar dengan baik di dalam blender. Hal tersebut dikarenakan bilah dan kecepatan (blender) membuat kentang bekerja terlalu keras, menyebabkan kentang melepaskan terlalu banyak pati.

2. Makanan super beku

Mencampur makanan beku yang besar atau sangat keras bisa merusak wadah blender serta mengirimkan pecahan plastik atau kaca dan cipratan makanan ke mana-mana. Apabila blender entah bagaimana caranya tetap utuh, Anda mungkin masih akan memperoleh potongan acak di smoothie Anda, bahkan tercampur rata.

3. Tulang

Dianjurkan untuk tidak pernah memasukkan tulang ke dalam blender. Ini karena tulang berukan besar dapat menumpulkan atau merusak bilah bahkan wadah blender. Sementara tulang yang lebih kecil, seperti tulang ikan bisa menyebabkan blender macet. 

4. Es batu 

Iklan

Es batu umumnya terlalu sulit untuk dipecahkan blender biasa. Es batu juga dapat menumpulkan dan mematahkan bilahnya. Harus dipastikan bahwa Anda membaca buku petunjuk guna memastikan apakah blender Anda cocok digunakan untuk menghancurkan atau memotong es.

5. Buah kering

Buah-buahan kering merupakan pilihan yang sangat baik untuk ditambahkan ke dalam smoothies dan shakes Anda. Namun karena bagian luarnya keras dan bagian dalamnya lengket, buah-buahan kering dapat menempel pada bilah dan membuat blender menjadi tidak berguna. Apabila Anda ingin menambahkan buah-buahan kering ke dalam blender, cincang mereka dengan tangan atau rendam dalam air hangat untuk melembutkannya.

6. Cairan ekstra panas

Memasukkan cairan panas ke dalam blender adalah larangan besar. Cairan panas mengeluarkan uap, dan uap itu dengan cepat menciptakan tekanan dalam blender yang bisa menyebabkan cairan tersebut meledak dan berpotensi membakar siapa pun yang ada di sekitarnya. Selalu biarkan campuran Anda menjadi dingin sebelum dimasukkan ke dalam blender.

7. Makanan berbau tajam

Makanan berbau tajam atau pedas, seperti bawang putih, jahe, dan cabai, dapat meninggalkan bau dan bumbu yang bertahan lama. Ini kemudian bisa berpindah ke apa pun yang akan Anda campurkan selanjutnya.

Pilihan Editor: Kesulitan Membersihkan Blender, Coba Cara Beriku



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *