Hentikan Proyek ITF, Heru Budi Bilang Memakan Biaya Rp 3 Triliun Setahun

Tak Berkategori

Kamis, 10 Agustus 2023 – 00:04 WIB

Jakarta – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyebut proyek Intermediate Treatment Faclity (ITF) Sunter, Jakarta Utara banyak memakan biaya. Tapi Heru mempersilahkan jika proyek tersebut dilakukan secara bussines to bussines.

Baca Juga :

Tumpukan Sampah di Sungai Dibersihkan Brimob Jambi

“Saya tidak anti dengan ITF, silakan B-to-B (bussiness to bussiness) dengan catatan tidak ada tipping fee,” ujar Heru kepada wartawan di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Agustus 2023.

Adapun tiping fee yang dimaksud Heru Budi, adalah biaya yang dibayarkan oleh Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta kepada pihak swasta yang mengelola sampah di Ibu Kota.

Baca Juga :

Candaan Heru Budi soal ‘Tiup Polusi Udara’, Koalisi Ibu Kota: Dia Bukan Avatar

“Pemprov DKI tidak punya uang buat tipping fee. Kalau dihitung-hitung masa satu tahun Pemprov DKI ngeluarin Rp 3 triliun, itu kalau saya ngitung,” katanya.

Namun, jika memang ITF Sunter mau tetap berjalan, Heru menyarankan agar semua dikelola langsung oleh Pemprov DKI Jakarta. 

Baca Juga :

DRPD Diminta Tegur Heru Budi Buntut Candaan ‘Tiup Polusi Udara’

“Ya sudah kalau memang harus ITF (biar) Pemprov DKI yang bikin. Kan kalau Pemda DKI yang bikin jadi punya Pemprov DKI. Terus sampahnya punya DKI, sampahnya dibuang ke ITF. Ada BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) kan, dah gitu aja. Ya kalau mau Pemprov DKI sama JakPro,” jelasnya.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu kini mengaku, tengah fokus pada proyek Refuse Derived Fuel (RDF). Proyek itu melakukan pengolahan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP). Ketimbang ITF yang mengolah sampah menjadi daya listrik.

Halaman Selanjutnya

Sebagai informasi, pembangunan proyek pengelolaan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara disetop oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Proyek tersebut dihentikan karena terkendala biaya dan beberapa investasi yang nilainya sangat tinggi. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *