Ini Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Bau Tak Sedap pada Urine

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Warna urine umumnya berkisar dari bening hingga kuning pucat. Meskipun terkadang memiliki bau tertentu, hal itu biasanya tidak aneh atau mengkhawatirkan. Namun, urine juga bisa mengeluarkan bau aneh yang tidak umum. Biasanya, itu tidak menimbulkan kekhawatiran dan dapat hilang dengan sendirinya. Tapi, jika terus-menerus, sebaiknya segera temui dokter.

Jika urine Anda mulai berbau aneh, itu mungkin hanya bersifat sementara karena makanan tertentu yang dikonsumsi. Ada beberapa hal yang bisa membuat kencing Anda berbau aneh. Dilansir dari Times of India, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi bau urine.

1. Kopi

Minum kopi secara teratur dapat menyebabkan urine berbau tidak sedap. Senyawa yang ditemukan dalam kopi dapat membuat urine berbau lebih kuat dan pekat. Kafein pada kopi bersifat diuretik. Jadi, dengan konsumsi kopi yang berlebihan, Anda bisa memproduksi lebih banyak urine dan mengalami dehidrasi sehingga mempengaruhi bau urine secara signifikan.

2. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah mengandung bahan kimia yang mengandung belerang. Saat terurai, itu dapat “mencemari” urine Anda. Bau ini biasanya mirip dengan kubis busuk atau telur busuk.

Iklan

3. Rempah-rempah

Kunyit dan ketumbar dapat menyebabkan urin berbau busuk. Itu karena bahan kimia aromatik yang memberi aroma pada rempah-rempah dipertahankan saat melewati tubuh. Bahkan setelah makanan dicerna, baunya masih bisa terdeteksi di urin Anda.

Menurut National Health Service (NHS), urine berbau biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika Anda juga mengalami infeksi lain seperti nyeri, buang air kecil lebih banyak dari biasanya atau terlihat keruh, Anda mungkin mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Kencing yang lebih jarang berbau dapat disebabkan oleh kondisi lain seperti diabetes tipe 2 dan batu ginjal.

Pilihan Editor: Penyebab Air Seni Berbau Tak Sedap



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *