Pertamina Gandeng Honda dalam Riset Penggunaan Mobil Listrik untuk Kegiatan Komersil

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – BUMN PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya Pertamina Patra Niaga dan Pertamina New Renewable Energy bekerja sama dengan PT Honda Prospect Motor untuk melakukan riset penggunaan mobil listrik dalam kegiatan niaga di perkotaan. 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengatakan sinergi antara Pertamina Group dengan Honda dalam bidang riset penggunaan mobil listrik ini memperkuat komitmen Pertamina dalam pengembangan ekosistem dan transisi energi.

“Partisipasi dua subholding Pertamina, yakni Pertamina Patra Niaga dan Pertamina New Renewable Energy dalam kerjasama ini diharapkan mampu memberikan hasil riset yang faktual dan menggali potensi pengembangan ekosistem kendaraan listrik,” ujar Fadjar melalui keterangan resmi pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Melalui kerja sama ini, Honda akan menyediakan satu unit Honda N-VAN EV Prototype, yakni sebuah prototipe mobil listrik terbaru dari Honda.

Unit tersebut untuk mendukung mobilitas pengantaran barang dari gudang ke unit-unit Bright Store (unit usaha retail milik PT Pertamina Retail, anak usaha Pertamina Patra Niaga) untuk area Jakarta dan sekitarnya.

Adapun kerja sama bertujuan mengumpulkan data dan pengalaman terkait penggunaan mobil listrik, terutama dalam kegiatan komersil.

Berbagai aspek akan diteliti dalam kerja sama studi ini, seperti reliabilitas baterai, proses pengisian ulang, serta kenyamanan dan kepraktisan mobil N-VAN EV Prototype dalam kegiatan pengantaran barang di area perkotaan. 

Kerja sama akan berlangsung selama tiga bulan, dimana Honda N-Van EV Prototype akan berjalan selama enam hari dalam seminggu mengirimkan logistik dari gudang penyimpanan barang Pertamina Retail ke 14 lokasi Bright Store di area Jakarta dan sekitarnya. Rata-rata jarak perjalanan sekitar 100 kilometer per hari. 

Selanjutnya: Kolaborasi untuk mendorong transisi energi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *